Diberdayakan oleh Blogger.

Penemuan Facebook

Sejarah Penemuan Facebook



                               
Facebook adalah sebuah situs web jejaring sosial populer dimana para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personal lain, serta dapat bergabung dalam komunitas untuk melakuakan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya. Jejaring sosial ini baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg. Facebook diluncurkan pada tanggal 4 Februari 2004. Awalnya facebook dibuat untuk kalangan sendiri dan digunakan untuk komunikasi antarmahasiswa lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School.
Pertama kali Zuckerberg berkenalan dengan Adam D’Angelo (salah satu Chief of Technical Officer atau salah satu Direktur facebook) saat dia bersekolah di Exeter High School, New Hampshire. Awalnya Zuckerberg membuat program Coursematch yang memungkinkan mahasiswa di kelas yang sama bisa melihat daftar teman-teman sekelas. Proyek selanjutnya Zuckerberg membuat facemash.com.
Lewat situs ini para pengunjung bisa memberikan julukan ‘keren’ atau ‘jelek’ pada foto seorang siswa, dan membuat Zuckerberg dipanggil oleh Badan Administrasi Universitas Harvard karena dianggap membobol sistem keamanan komputer kampus, melanggar peraturan privasi di internet, dan melanggar hak cipta.
Oleh karena itu, Zuckerberg membuat facebook dan diluncurkannya pada tahun 2004, karena ketenarannya itu, dalam waktu singkat hampir seluruh mahasiswa Harvard jadi pengguna Facebook. Dua orang teman Zuckerberg, Dustin Moskovitz dan Chris Hugh, berhasil memublikasikan facebook ke Universitas Stanford, Columbia, Yale, Ivy College, dan beberapa sekolah lainnya di wilayah Boston. Dalam waktu singkat, mereka meluncurkan facebook ke 30 sekolah. Zuckerberg bersama Moskovitz dan beberapa temannya yang lain meninggalkan Harvard ke Palo Alto, California, saat liburan musim panas 2004 dengan menyewa rumah kecil untuk kantor, karena mereka ingin mengerjakan facebook dengan serius.
Di kantornya itulah Zuckerberg bertemu Peter Thiel, pendiri Paypal, yang memberi dana sebesar US$ 500.000, merupakan investor pertama mereka. Sebagai sesama pemrogram, mereka saling membantu, sehingga mereka dapat pindah ke kantor yang lebih besar di Universitas Avenue yang dinamai sebagai kantor “Kampus Urban”. Pada 23 Agustus 2005 Zuckerberg membeli domain Facebook.com dari Aboutface Corporation senilai US$ 200.000 atau sekitar Rp 1,86 miliar.
Pada 2 September 2005, Zuckerberg meluncurkan situs facebook khusus untuk anak-anak Sekolah Menengah Atas, para pekerja profesional di jaringan perusahaan, komunitas berdasarkan letak geografis, bahkan untuk semua orang. Hanya dalam waktu 15 hari sejak peluncurannya, sebagian besar sekolah di Amerika Serikat sudah menjadi anggotanya. Pada akhir tahun 2005, facebook telah mencakup sekitar 2.000 kampus dan 25.000 Sekolah Menengah Atas di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Meksiko, Puerto Riko, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia.
Pada 27 Februari 2006, Zuckerberg mulai mengizinkan para mahasiswa yang menjadi pengguna situs ini untuk menambahkan siswa-siswa Sekolah Menengah Atas sebagai temannya. BusinessWeek, mengabarkan bahwa Zuckerberg tengah bernegosiasi dengan calon pembeli potensial facebook. Tapi akhirnya dia menolak tawaran yang bernilai US$ 750 juta atau sekitar Rp 6,97 triliun. Pasalnya, Zuckerberg menganggap harga itu terlalu murah. Saat itu, dia memperkirakan nilai facebook US$ 2 miliar.
Pada April 2006, investor pertama situs ini, yaitu Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners, menambah investasi di facebook dengan menyetorkan dana US$ 25 juta. Facebook pun masuk ke India melalui Institut Teknologi India dan Institut Manajemen India. Setelah dua bulan, facebook terpaksa mengeluarkan dana sebesar US$ 100.000 untuk menyelesaikan masalah hak cipta dengan quizsender.com.
Setelah itu, mereka juga memberikan fasilitas facebook Notes. Fitur baru ini merupakan fitur blogging yang memungkinkan pengguna menandai, memasukkan gambar, dan fitur-fitur lainnya. Selain itu, pengguna bisa mengimpor blog dari situs Xanga, LiveJournal, Blogger, dan situs blogging lainnya. Pada Juli 2006, Facebook memperkenalkan layanan baru yang bisa memberikan pendapatan tambahan bagi perusahaan, dengan menggandeng raksasa komputer, Apple Inc., mereka bekerja sama mempromosikan iTunes. Setiap pekan, iTunes akan mengirimkan 25 contoh lagu secara gratis kepada pengguna facebook yang menjadi anggota Apple Student Group.
September 2006, Zuckerberg membuka layanan Facebook bagi semua pengguna internet. Namun, langkah ini justru mendapat protes dari para pengguna dan pelanggan setianya. Akhirnya, setelah dua minggu Facebook terpaksa membenahi layanan baru itu dengan membuka pendaftaran bagi pengguna internet yang mempunyai alamat surat atau e-mail yang jelas. Situs Yahoo juga mengajukan tawaran akuisisi senilai US$ 1 miliar. Namun, belakangan rencana itu batal terealisasi karena kinerja keuangan Yahoo di penghujung 2006 menurun.
Peter Thiel, memprediksi pendapatan situs ini pada tahun 2015, bisa mencapai US$ 1 miliar. Pada saat itu, nilai perusahaan pun akan ikut meroket menjadi sekitar US$ 8 miliar. Layanan baru ini pun langsung menjadi pesaing perusahaan-perusahaan online lain. Craigslist yang sudah lebih dulu menempatkan iklan baris di situsnya. Bisnis Zuckerberg pun kian mengalir lancar.
Facebook membeli perusahaan Parakey Inc., dari Blake Ross dan Joe Hewitt, pada Juli 2007. Parakey adalah produsen aplikasi komputer yang mempermudah transfer data berupa tulisan, gambar, dan video ke sebuah situs di internet. Gideon Yu, mantan Direktur Keuangan You Tube, menjadi Direktur Keuangan Facebook. Bill Gates, pada Oktober 2007 membeli 1,6% saham Facebook seharga US$ 240 juta. Pasalnya, Zuckerberg tidak berniat menjual semua saham Facebook sekaligus. Alasannya sederhana dan sungguh mulia, dia ingin Facebook tetap independen.
Pada 7 November 2007, situs ini meluncurkan layanan terbaru berupa pemasangan iklan dengan sistem yang disebut facebook Beacon. Triliuner Hongkong, Li Ka-shing, tertarik untuk menanamkan dana senilai US$ 60 juta di facebook pada 30 November 2007.
Sekarang jumlah pegawainya sendiri telah mencapai 400 orang. Namun,
facebook adalah perusahaan unik. Para eksekutif dan petingginya masih berusia muda, antara 24 tahun-37 tahun. Para analis memperkirakan nilai perusahaan Facebook sudah melonjak hingga US$ 15 miliar. Menurut checkfacebook.com (08 November 2011), kini pengguna facebook telah mencapai 773.783.860 jiwa di dunia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

RSS feed