Diberdayakan oleh Blogger.

10 Fakta Menarik Dunia IT

Semuanyaa… Welcome to Education with NFBS!! Kali ini, kami akan membawa kalian ke dunia IT. Kami akan menunjukkan fakta-fakta unik yang ada di dunia IT. Kalian ingin tahu kan? Nah, ayo segera dibaca…!!

10 Fakta Menarik Seputar Dunia IT


Asal Usul Apel di Logo Apple

Kalian tahu gak? Gambar buah apel yang tergigit sebagian yang menjadi begitu populer? Ya, itu adalah logo Apple. Awalnya, perusahaan Steve Jobs (pemilik Apple) menggunakan logo bergambar Isaac Newton yang lagi duduk dibawah pohon apel. Logo ini telah didesain oleh Ronald Wayne pada tahun 1976.

Logo itu kemudian diubah oleh Rob Janoff  jadi buah apel yang berpelangi, logo ini digunakan dari rentang tahun 1976 hingga 1998. Selanjutnya, logo yang digunakan adalah buah apel tergigit yang dikenal hingga saat ini. Katanya, gigitan apel itu terinspirasi dari Alan Turning, kalian tahu? Dia itu bapak komputer modern  dan meninggal dengan memakan apel yang mengandung sianida secara sengaja.

Kantor Pertama Google

Kalian tahu Larry Page dan Sergey Brin? Mereka adalah biang keladi dibalik kesuksesan Google. Sebelum terkenal seperti sekarang atau waktu berusia 24 tahun, bisnis Google ini dibangun di sebuah garasi yang juga merangkap sebagai kantor.

Pencipta WWW
Tim Berners Lee adalah sang penemu World Wide Web (www) pertama kali di tahun 1991. Hingga kini ia dikenal sebagai orang yang rendah hati loooh.

Salah satu penemuannya yg terbesar dalam memajukan World Wide Web (www) adalah dengan tidak mempatenkannya, sehingga masih dapat digunakan secara bebas. Coba deh  pikir kalo ia dulu mematenkan konsep www itu, barangkali internet tak akan seperti sekarang yaaa...

Aksi ‘Hacking’ Bill Gates Muda
Sewaktu muda, Gates dikenal gemar mengotak-atik sistem komputer bersama tiga rekannya, untuk mendapatkan akses gratisan. Namun yang paling unik, saat diminta membuat program penjadwalan di sekolah ia mengatur agar dirinya selalu ditempatkan dalam kelas yang banyak siswa wanita.

Badai Salju Lahirkan Forum Online Pertama
Cikal bakal forum online adalah Computerized Bulletin Board System (CBBS). Uniknya, program ini digarap oleh Ward Cristensen yang terjebak di rumahnya saat Chicago dilandai badai salju besar tahun 1978. Badai tersebut memberikan waktu bagi Christensen untuk fokus menggarap CBBS selama dua minggu.

Asal Muasal Nama Malware Storm
Keluarga program jahat Storm memperoleh namanya dari video bertajuk ‘Storm Video’ yang berisi pemantauan tim F-Secure terhadap penyebarannya. Video itu dilihat 880.000 kali lebih.

Pemabuk Awali Revolusi Video Game
Para tukang minum minuman beralkohol, bisa jadi mereka adalah kelompok yang mengawali revolusi video game. Uniknya, game legendaris Pong pertama kali dipasang pada kedai minum Andy Capp’s di California.

Bagaimana menyebut @
Orang Indonesia menyebutnya ‘et’ atau ‘a keong’. Di Cina namanya ‘tikus kecil’. Di Swedia dan Denmark namanya ‘belalai gajah’. Di Jerman ’spider monkey’. Di Italia ‘keong’. Orang Israel menyebutnya ’strudel’.

Jumlah Kolom dan Baris Microsoft Excel
Tau gak sih kalian?? Ternyata jumlah kolom pada Microsoft Excel berjumlah 256, yang dimulai dari abjad A hingga IV. Sedangkan jumlah barisnya mencapai 65.536 baris. Banyak sekali kan?

Ikon Save dalam Aplikasi Microsoft Word Terbalik
Ikon Save, untuk menyimpan file, dalam aplikasi Microsoft Word merupakan gambar sebuah disket. Namun dibandingkan disket sungguhan, gambar itu ternyata terbalik posisinya.

Tahukah Asal-usul Lambang @ di E-mail
Kehadiran e-mail atau surat elektronik memudahkan pekerjaan kita, terutama untuk mengirim file-file secara cepat. Dalam alamat e-mail, kita menggunakan lambang @ atau yang sering dibaca ”at” atau “et”. Namun, tahukah kalian asal-usul lambang yang begitu sederhana tapi penting itu?

Di tahun 1972, seorang insinyur pendiam bernama Ray Tomlison sukses mengirimkan e-mail pertama antara dua mesin. Waktu itu ia memilih menggunakan lambang @. Alasannya ternyata sederhana, karena menurutnya lambang itu lumayan membantu sebab mirip huruf a untuk address atau alamat lembaga pemilik e-mail yang dituju. Dari sinilah lambang @ terus dipakai hingga sekarang.

Mitos di Balik Maskot Linux
Tahukah kalian nama pinguin lucu menggemaskan yang menjadi maskot Linux? Ya, bener sekali!! Namanya adalah Tux.
Tux ini konon berasal dari kata Torvald + Unix = Tux. Linus Torvald sendiri adalah sang perintis pengembangan Kernel Linux. Penamaan ini mirip dengan penamaan Linux yang merupakan gabungan dari Linus + Unix. Ada sebuah kisah, yang entah benar atau tidak, tentang mengapa sesosok pinguin yang dijadikan Torvalds sebagai logo Linux.

Konon pada suatu hari Torvalds pernah dipatuk oleh seekor pinguin saat berjalan-jalan di taman Perth. Setelah dipatuk, ia pun menjadi demam selama berhari-hari. Kemudian, ia berpikir bahwa pinguin ini cocok digunakan sebagai logo Linux. Dengan badan pinguin yang gemuk, tersenyum, lucu, menggemaskan dan digambarkan sedang beristirahat, akhirnya Tux dipilih sebagai maskot Linux. Tux yang digunakan secara ‘resmi’ adalah buatan Larry Ewing.

Nama Kode Prosesor dan IC
Intel gemar menggunakan nama geografis, terutama sungai di Amerika Serikat bagian barat, untuk menyebut produknya yang masih dalam pengembangan, misalnya Deschutes atau Willamette. Sedangkan AMD lebih memilih nama kota-kota seperti Manchester, Newcastle atau Brisbane

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

RSS feed